Undangan

Senin, 21 Maret 2011

multimedia_rifal@yahoo.co.id

ita tidak tahu sejak kapan undangan pernikahan mulai ada sehingga menjadi salah satu hal penting dalam sebuah acara pernikahan. Keberadaan undangan pernikahan saat ini tampaknya sudah menjadi hal yang wajib sehingga acara pernikahan terasa tidak komplit tanpa kehadirannya. Bahkan di beberapa daerah atau beberapa kalangan rela merogoh kantong cukup dalam untuk memperoleh undangan pernikahan yang unik yang sesuai dengan keinginan mereka.
Bayangkan saja di beberapa kota besar di Indonesia, harga undangan pernikahan dapat mencapai belasan ribu rupiah. Terdengar tidak begitu mahal? Kita kalikan saja dengan jumlah undangan yang mencapai ratusan bahkan ada yang beberapa ribu orang.
Sepuluh ribu rupiah dikalikan dengan 500 orang saja hasilnya sudah Rp 5juta. Beberapa kalangan membuat kesihmpulan dari fakta ini. Jika kita tidak hati-hati dalam memilih undangan, bisa-bisa undangan yang menghabiskan dana yang tidak kecil itu berakhir di tong sampah setelah acara selesai.
Diluar konteks tersebut, undangan pernikahan menurut boleh dikatakan sebuah opening menu dalam sebuah acara pernikahan. Jika menu pembukanya mengesankan, orang bisa berpikir positif terhadap acara yang kita selenggarakan, bahkan sebelum acara tersebut dimulai. Dan kita juga harus sadar bahwa kita tidak dapat membuat kesan pertama 2 kali.
Itulah alasan mengapa kita perlu menyadari pentingnya undangan pernikahan yang mengesankan, menarik, dan secara umum terangkum dalam kata: unik.
Apa saja karakter sebuah undangan pernikahan unik?

Undangan pernikahan unik memiliki sisi Kreatif

Kreatif bisa kita definisikan sebagai sesuatu hal yang berbeda dan “out of the box”. Hal-hal kreatif dapat menerbitkan sebuah inspirasi. Dan inpirasi dapat menerbitkan sebuah kreatifitas baru. Demikian pula halnya dengan undangan pernikahan yang kreatif. Undangan tersebut berbeda dari kebanyakan undangan pernikahan dan keluar dari konsep-konsep lama sebuah undangan. Undangan pernikahan tidak harus berupa kertas. Undangan pernikahan tidak harus berbentuk kotak. Dan undangan pernikahan tidak harus monoton.

Undangan pernikahan yang unik kadang memiliki sisi Guna

Nilai guna disamping dapat menambah sisi kreatif, juga membentuk sebuah manfaat dari sebuah undangan pernikahan. Tentu sangat beruntung seorang tamu yang menerima undangan pernikahan yang dapat digunakan untuk hal-hal lain. Dan akan beruntung pula seorang pengundang yang undanganannya dapat bertahan dan dikenang lama karena undangannya tidak lekas di buang. Disamping hemat, sifat guna ini juga dapat “memperpanjang harapan hidup” sebuah undangan perikahan. Dan tentu saja ini membawa keuntungan bagi kedua pihak seperti yang disinggung diatas. Pengundang beruntung karena acaranya dikenang lama. Dan yang diundangan beruntung mendapat barang berguna.

Undangan kipas, undangan pernikahan yang unik

Salah satu contoh undangan pernikahan unik adalah undangan kipas yang bentuknya seperti pada gambar dibawah ini.
undangan pernikahan unik
undangan pernikahan unik, sumber dari Rifal advertising
Seperti yang kita lihat, undangan pernikahan seperti ini di samping unik juga berbeda dengan undangan undangan konfensional. Selain itu, undangan seperti ini sayang untuk di buang. Karena bentuknya sebagai kipas sehingga orang masih ingin menggunakannya. Sedangkan untuk undangan konvensional, orang cenderung bingung atau tidak tahu mau diapakan setelah tidak terpakai.
Memberikan undangan seperti ini kepada calon tamu undangan dapat menambah accecoris dalam tas mereka yang bisa mereka gunakan sewaktu-waktu kepanasan. Dan orang yang memberikan undangan juga dapat merasa senang, karena sebuah representasi dari acara mereka selalu di kenang dan bahkan di sebarluaskan oleh orang-orang yang tertarik dengan benda ini.
Berbicara tentang undangan pernikahan unik berbentuk kipas, tentu akan lebih jelas jika kita juga membahas macam-macam undangan kipas.

Jenis undangan pernikahan kipas

Secara umum pembedaan undangan kipas dapat dikategorikan dalam dua hal yaitu jenis kain dan jenis rangka. Jenis kain ini biasanya berkaitan dengan corak kain. Setiap orang memiliki preferensi sendiri-sendiri dalam menentukan warna kain. Maka dari itu, sebuah undangan pernikahan berbentuk kipas memiliki pilihan warna kain yang beraneka macam.
Dalam hal rangka, undangan kipas terbagi menjadi rangka kipas ukuran standar dan rangka kipas customize. Produsen undangan kipas seperti Rifal advertising sering memberikan opsi kepada konsumen mengenai customize rangka ini. Selain rangka undangan kipas standar yang mereka miliki, terbagi dalam jenis kipas undangan KU1, KU3, dan KU4. Dan selain customisasi rangka kipas, mereka juga melayani customisasi global sebuah undangan kipas misalnya; memberi tepi renda, cetakan teks undangan dengan dobel warna tinta dan lain-lain. Contoh-contoh lebih lengkap dapat anda lihat di situs rifaladvertising.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar